Senin, 15 Februari 2016

web portal

Posted by Unknown on 13.30 with No comments
     Assalamualaikum wr.wb.
Apa kabar semuanya.?
Dihari ini saya akan belajar tentang web portal:

   Web Portal adalah web site yang menjadi pintu gerbang, starting point bagi pengunjung untuk memulai aktivitasnya di Internet. Web Portal yang bersifat horizontal menyediakan berbagai informasi dan layanan umum. Sedangkan portal vertical menyediakan informasi dan layanan yang spesifik untuk bidang tertentu saja, sehingga bisa bersifat personal bagi pengunjungnya.
   Layanan umum yang tersedia biasanya adalah search engine, berita, pooling, berbagai macam rubrik dan fasilitas seperti SMS serta chat room. Yang bersifat personal bisa berupa personal diary dan calender, account e-mail bahkan personal web. Web Portal vertical bahkan bisa bersifat eksklusif dan hanya menampilkan informasi yang dikehendaki komunitasnya. Misalnya portal yang bersifat religius seperti scientology, namun bisa saja sebaliknya bersifat terbuka meskipun membahas hal spesifik seperti toko buku amazon.
   Kelengkapan fasilitas Web Portal mampu menciptakan ketergantungan bagi pengunjung agar secara reguler datang ke web site tersebut. Lambat laun mereka akan tertarik untuk menjadi member dan menjadikan portal tersebut halaman pertama setiap kali membuka Internet browsernya. Portal dibangun sebagai one stop services bagi pengunjung. Sehingga orang menjadi betah menelusuri isinya karena semua yang dibutuhkan ada di sana tidak perlu menjelajah ke tempat lain. Pada titik ini, pengunjung ini boleh dibilang telah masuk ke dalam komunitas portal tersebut.
  Tujuan Web portal adalah membangun komunitas dengan cara mengikat pengunjung secara sukarela ke dalam berbagai layanan yang disediakannya. Apabila densitas komunitas sudah cukup tinggi, pengelola Web portal memiliki metode pendataan secara statistik sehingga mereka  dapat mengetahui profil pengunjung dan membaginya dalam berbagai kelompok. Mereka juga akan membuat prediksi berdasarkan berbagai pola kunjungan sehingga mengetahui dengan pasti layanan apa yang paling diminati.

lankah-langka :
1.buka browser ketikan http://10.0.17.2/data/ .




2.setelah anda ketikan 10.0.17.2/data/  enter. akan muncul gambar seperti ini.




3.pilih cms lalu anda klik.



4.pilih portall.zip  klik lalu akan muncul gambar seperti ini.




5.pilih save file lalu tekan ok
6.setelah file terdownload lalu ekstract file tersebut.




7.setelah file ter ekstract, lalu anda copy ke file system -> var/www/html









-cara mengedit.
8.buka file portall boz.




9.klik portall bozz.lalu pilih  index.html
 



10.pilih index.html lalu klik kanan pilih open with lalu pilih sublime text untuk mengedit script
11.setelah itu akan muncul gambar seperti ini.












12.setelah anda edit script.
lalu llihat hasilnya yang sudah anda edit. seperti ini hasil dari editan saya.










selesai.
sekian shering dengan saya, silakan mencoba dan semoga berhasil.
Wassalamualaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar